Minggu, 07 November 2010

IM-ku ( BBM-an tanpa Blackberry )Applikasi Karya Anak Bangsa



PT Intouch Innovate Indonesia (InTouch) mengembangkan layanan Messaging lokal, IM-ku. Aplikasi ini akan menjadi penantang aplikasi Instant messaging yang telah ada seperti Yahoo Messenger (YM) atau Blackberry Messenger (BBM).

"Jika aplikasi chat hanya bisa digunakan oleh sesama merk ponsel atau semua operator, itu sama saja seperti jaman dulu layanan sms yang belum bisa lintas operator. Sudah saatnya aplikasi populer seperti chatting ini bisa digunakan secara universal," kata CEO Intouch, Kendro Hendra di ajang ICS 2010, Jakarta, Jumat .

Sebelumnya beberapa ponsel merk lokal telah mencoba mengembangkan layanan yang sama namun hanya bisa berkomunikasi antar sesama merek dan tipe. Begitupun dengan beberapa operator yang juga hanya bisa digunakan sesama pengguna operator.

"Kini Intouch membuat gebrakan baru di dunia telekomunikasi dengan aplikasi messaging yang bisa digunakan ponsel berbasis java, dan juga semua operator," kata Hendro.

Layanan ini merupakan multiplattform dan multioperator. Pengguna berbasis symbian, blackberry, dan java dapat menginstal aplikasi IM-ku. Layanan ini menggunakan nomor ponsel sebagai ID (identitas).

"Kita tak perlu menghafal PIN, membuat akun YM MSN, Gtalk dan ebuddy, begitu menggunakan aplikasi ini dan mendaftar ke server lewat SMS. Kita bisa mengundang (invite) dan menambahkan (add) teman," katan Kendro.

Multiplatform
Bisa digunakan oleh ponsel berbasis Symbian, BlackBerry, dan Java (ponsel lokal). Apapun merek ponselnya bila sudah ada Java bisa menggunakan aplikasi ini.
Multi Operator
Dapat menggunakan kartu operator GSM apapun, asalkan sudah ada fitur GPRS/3G

Nomor ponsel sebagai ID
Kita tidak perlu menghapal PIN, membuat account YM, MSN, Gtalk, eBuddy dll. Begitu menggunakan aplikasi ini, kita bisa mengundang/invite/add teman dari nomor ponselnya. Bila teman kita belum terdaftar di aplikasi ini kita bisa mengirim SMS yang berisi alamat url agar teman tersebut bisa mendownloadnya.
Add Buddy
Sangat mudah untuk menambah teman, kita cukup memasukkan nomor hp teman yang akan diundang pada kolom ID, lalu isi nama teman tersebut, kemudian kita bisa masukkan teman tersebut pada kelompok/grup yang sudah ada atau dibuat grup baru dan defaultnya adalah friend/teman.

Send Picture
Dapat mengirim gambar, baik langsung dari kamera maupun yang bersumber dari galeri di memori ponsel/memory card. Penerima dapat melihat gambar yang dikirim secara full screen. Ada pilhan untuk menyimpan gambar yang telah diterima ke memori ponsel.

Send Audio
Dapat mengirim suara yang direkam langsung dari ponsel ke teman, bila suara sudah didengar terdapat pilihan untuk disimpan. Sebelum mengirim audio kita bisa me-review suara dengan memutar hasil rekaman terlebih dahulu (play)
Avatar
Dapat membuat gambar avatar baik langsung dari kamera maupun gambar yang ada di galeri ponsel. Kita dapat mengganti-ganti avatar kapan saja kita mau dengan cara semudah ini. Avatar yang sudah kita buat akan dapat dilihat teman kita pada contacts list atau di profile

Set Status
Kita bisa set status seperti aplikasi IM lainnya, caranya masuk ke menu setting> set status> lalu ketik status yang diinginkan
Conference
Dengan fitur ini kita dapat chatting dengan beberapa orang sekaligus, caranya masuk ke menu conference, lalu pilih (centang) teman yang sudah ada di daftar kontak/contacts list.
Group
Selain grup default dari aplikasi kita bisa menambah nama grup sendiri, sesuai dengan kategori teman-teman kita.

Smiley
Kita dapat mengirim pesan berupa smiley, sesuai dengan perasaan hati kita, misalnya senyum, tertawa lebar, sedih, menari, dan lain-lain.
sumber:
IM-ku

Kamu bisa mendownload IM-ku langsung dari browser di hp dengan mengetik url:
http://get.im-ku.com

Atau lewat SMS dengan mengetik: IMKU kirim ke 9800
Kemudian kamu akan mendapatkan balasan SMS berupa alamat url untuk mendownloadnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar